Minggu, 09 Juni 2013

Analisa Usahatani Padi Nggayuh Rejeki Sumberagung (SLPTT Padi)



Jumat 10 Mei 2013 jam 19.00 kelompok Nggayuh Rejeki, Desa Sumberagung, Kecamatan Rejotangan  mengadakan pertemuan SLPTT Padi Hibrida SHS DG 1 yang ke 10 pada musim tanam MP kali ini. Rencana acara ( Analisa Ustan, Notulen kemarin, Persiapan MK I, RDKK baru, Keanggotaan kelompok) ternyata bisa dilaksanakan walau belum semua tuntas karena waktu yang terbatas. Pertemuan berlangsung sampai lebih dari jam 22.00 membahas  Analisa Usaha Tani, sedikit menyinggung keanggotaan(notulen kemarin), rencana pembangunan saluran tersier ke wilayah kelompok Nggayuh Rejeki, persiapan MK I.
            Pada MP 2012/2013 Pertemuan SLPTT biasanya berlangsung di areal pertanaman, cukup dengan aqua gelas dan bila beruntung ada rokok atau permen. Nggayuh Rejeki memang belum punya kas kelompok yang cukup untuk melakukan pertemuan dengan kondisi yang lebih baik. Pertemuan diareal pertanaman tersebut bahkan dilakukan di saluran air (patusan) yang jika hujan berfungsi sebagai kali tapi jika tidak hujan sebagai jalan usaha tani. Meskipun begitu pertemuan berlangsung dengan baik walau belum maksimal. Kelompok Nggayuh Rejeki sedang belajar berkelompok dengan benar dan secara perlahan sedikit demi sedikit melakukan pembaharuan.
            Pertemuan kali ini mengisi blanko Analisa Usahatani bagi masing-masing petani. Ternyata petani bisa mengisi dengan baik walau harus dipandu. Dari hasil analisa ditemukan ada peningkatan produksi yang cukup lumayan dibandingkan produksi MP tahun 2011/2012.
            Peningkatan  produksi bisa karena cuaca musim MP kali ini cukup mendukung untuk berusahatani dengan baik. Selain itu adanya sungai patusan yang sudah dibangun pada Nopember  2012  menuju sungai patusan antar desa membuat petani lebih bersemangat. Ini merupakan usaha pembangunan yang kedua dengan proses yang panjang setelah beberapa tahun lalu gagal dilakukan karena ditolak beberapa petani. Desa Sumberagung separuh wilayahnya dibatasi pegunungan, hal ini mengakibatkan adanya banyak sungai patusan. Sungai ini mengalir  sangat deras saat hujan bahkan banjir tetapi  kering saat tidak hujan. Ngurit bisa dilakukan sampai 3 bahkan 7 kali karena banjir. Air berkumpul diareal persawahan yang merupakan bekas  rawa-rawa. Bisa dipastikan saat MK I banyak yang ambles. Syukurlah musim kali ini bisa ngurit cukup 1 x.
Pengawalan dari Team Pemandu SLPTT yang terdiri dari PP Wilayah Binaan, PP Wilayah Binaan tetangga desa sehamparan, POPT Kecamatan, PP Syngenta juga sangat membantu. Kerjasama dengan Syngenta sudah disepakati sejak awal oleh anggota kelompoktani Nggayuh Rejeki. Pengawalan juga bantuan-bantuan dari Syngenta memberi semangat bagi petani. Bahkan permohonan bantuan Saung diareal pertanaman sudah diajukan ke Syngenta untuk melancarkan kelompok dalam melakukan pertemuan.
 

MEW-WINNER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

coment boleh kok