Rabu, 20 November 2013

PELATIHAN PENGGUNA PESTISIDA TERBATAS

Cara yang benar
           Hari ini, 20 Nopember 2013, seharian petani dari berbagai desa dan kecamatan di Tulungagung mengikuti Pelatihan pengguna pestisida terbatas bersama PT Syngenta di Ds Bendungan, Gondang, Tulungagung. Pelatihan dihadiri perwakilan dari Diperta Provinsi Jatim, BPPTH dan BKPP Tulungagung. Materi pelatihan pengetahuan tentang pestisida, pemahaman label. Kunjungan Demplot TPL (Teknik Pengolahan Limbah) Gramoxone. Cara pencegahan keracunan dan yang tak kalah serunya adalah tentang Teori dan Praktek Teknik Aplikasi dan Kalibrasi.
Pelajaran Kalibrasi
       
Petani dari desa Sumberagung diwakili oleh petani kelompok Nggayuh Rejeki P Sumani dan P Bakir. Pelajaran yang cukup rumit bagi petani tidak membuat mereka undur. Justru dua orang ini duduk didepan memperhatikan. Dengan mempelajari tentang pestisida, banyak informasi baru yang mereka dapat.
Sebagian peserta mejeng
           Mereka jadi tahu aplikasi pestisida selama ini masih ada kekeliruan walaupun tidak semua. Dosis (Gramoxone) yang diterapkan petani sudah pas 3 tutup (75 ml)/tangki 15 L(1 tutup besar = 25 ml) . Butuh 3 tangki untuk 100 ru. Hanya saja air nya bukan 3 tangki/100 ru tetapi 3 tangki tambah 3,5 L. Jadi aplikasi selama ini lebih pekat dari yang seharusnya. Perhitungan ini untuk kecepatan langkah normal (60 langkah/menit).

Rumus nya :

VOLUME   =  10.000   M             x        Curah nozle         L/menit
                       Lebar semprot   M    x        Kecepatan jalan  M/menit

Semoga bermanfaat  ya pak tani dan tularkan ilmunya pada yang lain. Kita mencoba maju bareng



MEW-WINNER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

coment boleh kok