Selasa, 07 Mei 2013

Musuh Alami (Predator) pada Tanaman Padi I

 Ini kucoba tuliskankan beberapa predator hama pada tanaman padi. Belum semua sih ...kapan-kapan tak unggah lagi ya kelanjutannya.

Micraspis sp & wereng
1.Micraspis sp.(lady beetles/kumbang )

Ordo : Coleoptera
Famili : Coccinellidae
Genus:  Micraspis
Spesies: Micraspis sp.
Imago bentuk oval berwarna terang dengan bayangan merah sampai kuning kadang dengan bintik hitam di kepala bagian belakang (M.crocea). Aktif di siang hari pada separuh canopy padi bagian atas pada lahan kering atau basah. Imago/dewasa dan larva memangsa wereng (imago, larva, telur).
2. Harmonia octomaculata F . dan Menochilus sexmaculatus F (lady beetles/kumbang)
Nimfa Coccinelid
& wereng

Keduanya termasuk Famili Coccinellidae yang mempunyai bintik hitam. Memangsa serangga yang bergerak lambat. Larva memangsa  5-10 wereng (telur, larva, nimfa, dewasa)per hari. Kumbang ini butuh waktu 1-2 minggu untuk berkembang dari telur sampai dewasa. Kumbang dewasa menghasilkan 150-200 keturunan dalam kurun 6-10 minggu.
 
3. Ophionea nigrofasciata S (ground beetle)
O. nigrofasciata &
ulat hama putih palsu
Ordo : Coleoptera
Famili: Carabidae
Genus: Ophionea
Spesies: Ophionea nigrofasciata S
Mempunyai tubuh yang keras. Larva hitam mengkilat dan imago merah kecoklatan dengan strip hitam berbintik putih 4 bintik, memangsa  ulat/larva penggulung daun 3-5 larva/hari. Kumbang dewasa juga memangsa wereng. Pupa ada di dalam tanah pada lahan basah atau kering.

Metioche sp.
4.Metioche vittaticollis S dan Anaxipha longipennis S (cricket)
Ordo : Orthoptera
Famili: Gryllidae
Genus: Metioche sp. Dan Anaxipha sp.
Termasuk golongan jangkrik mempunyai antena panjang yang melebihi tubuhnya. Siklus hidup 60-80 hari bertelur antara 40-80 butir. Memangsa wereng, ulat penggulung daun, ulat grayak, ulat penggerek batang dan lalat bibit (whorl maggots).
C.longipennis
5. Conocephalus longipennis de Haan (grasshopper/belalang)
Ordo : Orthoptera
Famili: Tettigoniidae
Genus: Conocephalus
Spesies: Conocephalus longipennis de Haan
Dibedakan dengan belalang yang sebenarnya dapat dilihat dari antenanya yang panjang  bisa dua kali panjang  tubuhnya. Belalang ini aktif malam hari dan ada dalam jumlah besar pada lahan yang tua. Imago berwarna kuning-hijau, hidup 3-4 bulan. Nimfa berwarna hijau. Belalang ini mempunyai dua kebiasaan makan : makan daun dan sebagai predator penggerek batang, penggulung daun, wereng, kepinding. Masing-masing bisa memangsa 3-4 kelompok telur /hari.

Pustaka
Shepard,BM; Barion, AT; Litsinger, JA. 1987. Friends of The Rice Farmer-Helpful Insects, Spiders, and Pathogens. International Rice Research Institute (IRRI)MEW-WINNER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

coment boleh kok